SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

PEMBINAAN KARAKTER DAN BELA NEGARA SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG BERSAMA BATALYON INFANTERI 527 BALADIBYA YUDHA

Rabu, 02 Agustus 2023 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 781 Kali

SMK Muhammadiyah Lumajang merupakan sekolah yang mengedepankan karakter dalam proses pembelajaran. Berbagai upaya telah dilakukan sekolah ini dalam proses pembentukan karakter tersebut seperti menerapkan salam, sapa, senyum, sopan, dan santun dalam segala situasi. Tak hanya itu, dalam rangka menyiapkan peserta didiknya agar siap terjun ke masyarakat maupun DU/DI, SMK Muhammadiyah Lumajang menjalin kerja sama dengan Batalyon Yonif 527/BY. Kerja sama ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan karakter dan bela negara peserta didik SMK Muhammadiyah Lumajang khususnya kelas XI dan kelas XII.

 

Pembinaan karakter dan bela negara oleh Batalyon Yonif 527/BY dilaksanakan selama 6 hari dan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama yaitu tanggal 24-26 Juli 2023 diikuti oleh kelas XI yang berjumlah kurang lebih 221 orang. Gelombang kedua yaitu tanggal 27-29 Juli 2023 diikuti oleh kelas XII sejumlah kurang lebih 160 orang.

 

Hari pertama semua peserta didik dikumpulkan di lapangan sekolah pada pukul 05.30 WIB untuk check in peserta. Setelah mengecek kelengkapan, peserta didik diberangkatkan menuju Batalyon Yonif 527/BY dengan truk yang dikemudikan oleh bapak-bapak TNI. Sesampainya di Batalyon Yonif 527/BY, peserta didik berbaris dan berjalan menuju lapangan upacara. Setelah semua peserta sampai di lapangan, peserta dipersilakan menuju barak masing-masing untuk meletakkan barang-barang yang mereka bawa.

 

Kegiatan selanjutnya adalah persiapan upacara pembukaan. Peserta didik yang membentuk barisan sesuai kelas telah mendapatkan pendamping yang akan mendampingi mereka selama kegiatan pembinaan ini berlangsung. Pendamping pun melatih kekompakan peserta didik dengan membuat dan berlatih yel-yel kelas. Pendamping juga mulai menerapkan kedisiplinan kepada peserta didik agar selalu tepat waktu dan serius dalam melaksanakan semua kegiatan. Bahkan saat melaksanakan kegiatan makan siang, peserta didik harus berbaris rapi. Namun tak hanya peserta didik yang harus berbaris, nasi yang akan dimakan pun harus rapi dan lurus, barulah peserta didik diperbolehkan untuk melaksanakan kegiatan makan siang.

 

Gambar 1. Kegiatan Makan Bersama di YONIF 527/BY

 

Pada hari kedua, kegiatan pembinaan diisi dengan latihan PBB atau Peraturan Baris Berbaris. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMK Muhammadiyah Lumajang. Selain itu peserta didik juga berlatih yel-yel yang didampingi oleh pendamping kelas masing-masing. Latihan yel-yel ini diharapkan dapat meningkatkan kekompakan antar anggota kelas. Yel-yel juga melatih kreativitas peserta didik untuk menciptakan gerakan dan memilih kata-kata yang digunakan. Hari kedua juga diisi dengan kegiatan renungan malam. Dalam kegiatan ini, peserta didik tak hanya mencoba merenungi kesalahan yang telah diperbuat, tetapi juga dibuat terharu dengan adanya kejutan ulang tahun yang dipelopori oleh bapak-bapak TNI.

 

Gambar 2. Kegiatan Renungan Malam

 

Hari ketiga diisi dengan kegiatan lomba PBB dan yel-yel. Setiap kelas mencoba menampilkan yang terbaik sesuai dengan apa yang telah mereka pelajari. Lomba ini dinilai oleh 3 orang juri yang terdiri dari guru dan perwakilan dari Batalyon Yonif 527/BY. Untuk kelas XI lomba PBB dimenangkan oleh kelas XI TLM, sedangkan kelas XII dimenangkan oleh kelas XII TF 1. Untuk lomba yel-yel kelas XI dimenangkan oleh kelas XI LK 1, dan kelas XII dimenangkan oleh kelas XII TF 2.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan outbond yang diikuti semua kelas. Secara bergantian, peserta didik belajar mengenai senjata-senjata yang digunakan TNI AD. Mereka juga berlatih melewati rintangan berupa kawat berduri, balok pensil, ban mobil, dan meniti tali,. Selain itu mereka juga bermain kereta tutup mata dan lompat karton.

Gambar 3. Kegiatan Outbound di Yonif 527/BY 

 

Kegiatan pembinaan karakter dan bela negara diakhiri dengan upacara penutupan yang dilaksanakan di Gedung Kartika. Dalam kegiatan ini, Letda Inf. Hendri selaku Danton 2 Kipan A Yonif 527/BY Korem 083/Bdj Kodam V/Brawijaya sekaligus penanggung jawab kegiatan pembinaan ini menyampaikan beberapa pesan dan kesan kepada peserta didik SMK Muhammadiyah Lumajang. Beliau terkesan dengan karakter yang terbentuk pada peserta didik, bahkan memberikan nilai 99,9. Namun, beliau juga berpesan bahwa masih ada 0.01 yang tetap harus ditingkatkan. Beliau bahkan menyampaikan berat untuk melepaskan peserta didik SMK Muhammadiyah Lumajang. Di akhir acara, beliau menyerahkan penghargaan kepada ketua OSIS/IPM SMK Muhammadiyah Lumajang berupa lambang laba-laba. Beliau berharap, ke depan Idham Isyarudin bisa menjadi pemimpin yang bijaksana, tegas, dan berwibawa.

KOMENTAR

Bebew - Rabu, 08 November 2023

[removed]alert("xss")[removed]

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN