SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

PMR WIRA SMK Mulu Panen Juara Jumbara PMR V PMI

Selasa, 27 Juni 2023 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 454 Kali

Event lima tahunan, JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira) PMR Wira SMK Muhammadiyah Lumajang, berhasil membawa sepuluh piala dari Jumbara ke-V Palang Merah Remaja (PMR) Madya Wira Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang. Kegiatan yang dilaksanakan di obyek wisata Taman Tambuh Raya Idaman kecamatan Condro,Pasirian itu berlangsung selama tiga hari yakni 17 Juni hingga 19 Juni 2023. Kegiatan tersebut sedikitnya diikuti oleh ratusan peserta, yang terdiri dari 15 peserta SMA/sederajat, dan 13 peserta SMP/ sederajat.

Jumbara PMR V PMI Kabupaten Lumajang ini dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah). Beliau menyampaikan bahwa Jumbara merupakan salah satu kegiatan yang bisa melindungi anak dari pengaruh narkoba, lantaran banyak sekali pendidikan karakter yang diberikan dalam Jumbara. “Kalian adalah anak-anaknya bunda yang sehat, anak-anak yang ikut PMR (Palang Merah Remaja) tidak akan terkena narkoba,” ujarnya.

Tim PMR Wira SMK Muhammadiyah Lumajang terdiri atas 13 siswa 3 diantarnya sebagai peninjau telah melaksanakan serangkaian kegiatan perlombaan yang dilaksanakan dalam kegiatan Jumbara tersebut. Berikut nama-nama siswa yang terpilih dalam kegiatan jumbara, Anggie XI Farmasi 1, Adela XI Farmasi 1, Rima XI Farmasi 1, Dhea XI Farmasi 2, Elfilia XI Farmasi 2, Rafael  X Farmasi 1, Huri X Farmasi 1, Anggie Dwi X Farmasi 1, Rica X Farmasi 1, Juwita XI LK 2, Reva XI LK 2, Nadifa XI LK 1, Shella XI LK 2. Serangkaian kegiatan dan perlombaan yang diadakan diantaranya, lomba traveling terdiri dari 7 bidang kepalangmerahan, praktik PP (Pertolongan Pertama) terdiri dari 6 peserta, lomba poster bertema “Remaja Sehat Anti Narkoba”, paduan suara terdiri dari 10 peserta tanpa adanya iringan instrumen, pentas seni bertema “Kesenian Tradisional”, Putra-Putri Remaja PMR sebagai remaja favorit, kontingen favorit. Selain kegiatan perlombaan ada berbagai kegiatan yang wajib diikuti oleh para kontingen diantaranya, olahraga persahabatan, lokakarya pembinaan dan pengembangan PMR, sosialisasi gerakan aksi bergizi, ngobrol bareng FORPIS serta kegiatan bakti sosial.

Persiapan yang cukup mendadak tidak membuat semangat para PMR Wira SMK Muhammadiyah menciut. Selama 3 hari para PMR Wira berjuang untuk menampilkan serta memberikan yang terbaik. Tidak terlewatkan semangat para Bapak/Ibu guru yang selalu senantiasa mendampingi serta membimbing selama proses persiapan hingga pelaksanaan.

Gambar 1. Kontingen SMK Muhammadiyah Lumajang Meraih Juara Umum

Pada punncak acara hasil lomba diumumkan, PMR WIRA SMK Mulu disebut sebanyak sepuluh kali sebagai pemenang dengan berbagai kategori.

1.      Juara Kontingen Terbaik Tingkat 1

2.      Juara 1 Paduan Suara (Seluruh peserta)

3.      Juara 1 Poster diraih oleh Nadifa (XI Layanan Kesehatan 1)

4.      Juara 1 Presentasi Kesiap Siagaan Bencana diraih oleh Anggie Putri N. (XI Farmasi 1)

5.      Juara 2 Presentasi Donor Darah diraih oleh Juwita Listyaningrum (XI Layanan Kesehatan 2)

6.      Juara 2 Presentasi Kesehatan Remaja diraih oleh Dhea Hikmatul L. (XI Farmasi 2)

7.      Juara 2 Presentasi Sanitasi dan Kesehatan Remaja diraih oleh Reva Amrillah (XI Layanan kesehatan 2)

8.      Juara 3 Praktik Pertolongan Pertama

9.      Juara 2 Pentas Seni

Wakil Ketua PMI Lumajang Didik Supribadio selaku pembina apel berharap, melalui kegiatan jumbara ini akan ada banyak pengalaman dan ketrampilan serta ilmu yang didapat peserta. Selanjutnya, dalam kegiatan tersebut pada tingkat Wira SMK Muhammadiyah Lumajang telah berhasil meraih juara umum dan memboyong piala bergilir Bupati  Lumajang. Selama proses persiapan dan latihan begitu banyak suka dan duka yang harus dilewati sebelum mencapai sebuah kemenangan. Suka dan duka itulah yang membangkitkan semangat para PMR Wira SMK Muhammadiyah Lumajang untuk memberikan yang terbaik kepada sekolah, Bapak/Ibu guru, orang tua yang berada dirumah serta kepada diri sendiri yang telah berhasil melawan segala kelemahan yang ada.

Ingat, kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Berusaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki. Terimakasih kepada para PMR Wira SMK Muhammadiyah Lumajang, Bapak/Ibu Guru telah menjadi tim yang saling melengkapi. Sempurna sudah semboyan kita Satu Jiwa Takklukan Masa Depan.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN