SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

FRAGMEN PERJUANGAN SMK MULU GEMPARKAN PEMBUKAAN LOEMADJANG MBIYEN

Jum'at, 06 Januari 2023 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 715 Kali

Event Loemadjang Mbiyen adalah salah satu event yang rutin dilaksanakan Pemkab Lumajang beberapa tahun terakhir. Event ini adalah salah satu acara yang dilaksanakan untuk memeriahkan Harjalu atau hari jadi Lumajang. Tahun ini pun tak berbeda. Setelah 2 tahun tidak bisa dilaksanakan sejak merebaknya virus covid 19, Lumadjang Mbiyen kembali dilaksanakan dalam Harjalu tahun 2022 ini.

Desember adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh warga Lumajang. Betapa tidak, pada  bulan ini Pemkab Lumajang akan menggelar berbagai acara untuk memperingati hari ulang tahun Kabupaten Lumajang yang jatuh pada 15 Desember. Acara-acara unik dan menarik pun membuat masyarakat antusias untuk menyaksikannya, salah satunya adalah Lumajang Mbiyen. Event yang bertema jadul atau jaman doeloe ini dilaksanakan di Jatiroto. Kompleks PG Jatiroto menjadi pusat pelaksanaan event ini. Ada beberapa bagian dalam pelaksanaan Loemajang Mbiyen kali ini yaitu panggung hiburan, pasar rakyat, dan zona heritage.

SMK Muhammadiyah Lumajang mendapat kehormatan untuk mengisi acara dalam pembukaan Loemadjang Mbiyen. SMK yang memiliki 4 program keahlian ini dipercaya untuk menampilkan sebuah fragmen perjuangan. Bapak Yuniawan Tri Romadlona, S.Sn selaku staf tenaga teknis bidang ekonomi kreatif dinas pariwisata Kabupaten Lumajang memberikan kepercayaan kepada SMK Muhammadiyah Lumajang kembali setelah tahun 2019 silam SMK ini tampil dalam acara yang sama di Gucialit. Koordinator taman hiburan rakyat dalam acara Loemajang Mbiyen 2022 tersebut menyampaikan bahwa kepercayaan kepada SMK MULU berasal dari tampilan sekolah ini dalam acara karnaval kemerdekaan Kabupaten Lumajang tahun 2019. Kala itu SMK MULU berhasil meraih juara pertama. Beliau lalu meminta SMK MULU untuk tampil dalam acara pembukaan Loemajang Mbiyen. Kepercayaan itu pun berlanjut saat SMK MULU kembali menjadi juara pertama dalam karnaval kemerdekaan Kabupaten Lumajang tahun 2022. Beliau yang saat itu menjadi salah satu juri merasa yakin bahwa SMK MULU dapat diajak bekerja sama dan siap untuk mengisi acara dalam pembukaan Loemadjang Mbiyen yang dilaksanakan pada 23 Desember 2022.

Gambar 1. Siswi SMK Muhammadiyah Lumajang mengiringi kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang

 

Fragmen perjuangan yang ditampilkan oleh SMK MULU menceritakan kehidupan masyarakat saat awal kemerdekaan Indonesia. Masyakarat yang beraktivitas seperti biasa mendengar kabar kemerdekaan melalui radio saat mereka tengah makan dan minum kopi di sebuah warung. Mereka yang bergembira menyambut kemerdekaan yang telah lama dinanti-nantikan pun mengadakan hajatan. Dalam hajatan tersebut tampillah salah satu kesenian asli Loemajang yaitu tari godril. Namun Belanda yang tidak rela melihat rakyat Indonesia hidup damai segera mengacau dalam hajatan tersebut. Rakyat pun panik dan berlarian untuk menyelamatkan diri. Pemilik warung yang menghadiri hajatan segera mengumpulkan semua orang dan berunding. Mereka sepakat untuk menjamu Belanda tersebut agar tidak merusak acara hajatan warga. Ibu-ibu pemilik rumah lalu memberikan makanan dan minuman kepada Belanda tersebut sampai mabuk. Saat Belanda itu mabuk, seorang penari godril mengajak Belanda tersebut untuk menari. Di sela-sela tarian dan saat Belanda tersebut lengah, penari godril itu pun menusuk tantara Belanda dengan tusuk kondenya. Inilah puncak cerita dalam fragmen tersebut.

Saat tantara Belanda ditusuk oleh penari, ia pun segera berlari dengan kesakitan. Melihat salah satu temannya cedera, tantara Belanda yang lain tidak terima. Mereka pun menyerang rakyat Indonesia. Tentara Indonesia yang senantiasa siaga pun menghadang serangan Belanda tersebut. Terjadilah pertengkaran sengi tantara kedua belah pihak yang akhirnya dimenangkan oleh tentara Indonesia. Fragmen pun diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia raya oleh semua hadirin dalam acara tersebut, termasuk Bapak Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML dan Ibu Wakil Bupati, Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si.

Gambar 2. Penampilan Siswa/Siswi SMK Muhammadiyah Lumajang dalam pembukaan Loemadjang Mbiyen #2

 

Tampilan fragmen perjuangan SMK MULU menyedot banyak perhatian pengunjung Loemadjang Mbiyen. Hal ini dibuktikan dengan antusias warga yang mendekati panggung untuk melihat adegan demi adegan yang ditampilkan meskipun gerimis mulai turun. Bahkan ketika hujan mulai deras, warga sama sekali tak ada yang minggir atau mencari tempat berteduh demi tetap menyaksikan penampilan SMK MULU.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN