SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

MANUK GLATHIK KETEMU JIN

Jum'at, 10 Februari 2023 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 465 Kali

IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah. Organisasi ini merupakan gerakan Islam, dakwah amar ma'ruf nahi mungkar di kalangan pelajar. Di SMK Muhammadiyah Lumajang juga terdapat organisasi IPM. Organisasi ini telah ada sejak SMK Muhammadiyah berdiri pada 2012 silam.

Di usianya yang menginjak 11 tahun, OSIS/IPM SMK Muhammadiyah Lumajang telah mengalami beberapa kali pergantian pengurus. Begitu pun pada tahun ajaran 2022-2023 ini. Pemilihan pengurus OSIS/IPM telah dilakukan pada bulan September 2022. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus sebagai aplikasi dari proyek profil pelajar Pancasila yaitu suara demokrasi.

Pada kegiatan ini semua peserta didik melakukan pemilihan sesuai dengan hati nurani mereka masing-masing. Namun, ada yang berbeda dengan proses pemilihan kali ini. Jika biasanya pemilihan diadakan untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS/IPM secara langsung, maka tahun ini tidak. Pemilihan diadakan untuk memilih pengurus OSIS. Dari tiga nama yang mendapatkan suara terbanyak, dipilihlah ketua OSIS/IPM berdasarkan musyawarah dari pengurus yang telah terpilih. Begitu juga dengan pemilihan wakil ketua OSIS/IPM. Ketua OSIS terpilih memimpin musyawarah untuk menentukan siapa wakil ketua yang akan mendampinginya untuk melaksanakan amanah yang telah diberikan kepadanya. Dari proses pemilihan tersebut, terpilihlah Idham Isyarudin dari kelas XI TF 1 sebagai ketua OSIS/IPM dan Rio Yanuar S. dari kelas X TLM sebagai wakil ketua OSIS/IPM tahun pelajaran 2022/2023.

Gambar 1. Pengukuhan Ketua dan Wakil Ketua OSIS/IPM 2022/2023

 

Setelah kegiatan pemilihan berakhir, tentu langkah selanjutnya adalah pelantikan dan serah terima jabatan. Namun, kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan tahun ini belum bisa segera dilaksanakan karena kelas XII sebagai senior masih melaksanakan kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) hingga akhir bulan Desember. Akhirnya pelantikan dan serah terima jabatan pun dilaksanakan pada Kamis, 26 Januari 2022.

Gambar 2. Pembacaan Janji OSIS/IPM 2022/2023

 

Acara pelantikan dan serah terima jabatan dilaksanakan dengan upacara. Pelantikan dilakukan oleh Kepala SMK Muhammadiyah Lumajang yaitu Drs. Agus Siswantono, M.Psi. Pengurus lama menyerahkan kepemimpinan OSIS/IPM kepada pengurus baru dengan simbol selempang ketua dan wakil ketua. Pengurus baru pun menyerahkan cinderamata kepada pengurus lama sebagai tanda terima kasih atas kerja keras pengurus lama selama menjabat. Di akhir acara, pembina OSIS/ IPM SMK Muhammadiyah Lumajang, Laily Fitriani melakukan evaluasi pelaksanaan upacara pelantikan dan serah terima jabatan yang telah dilaksanakan. Beliau memberikan amanat berbentuk pantun yaitu “manuk glathik ketemu jin, mari dilantik kudu tambah rajin.” Weee… Selamat ya kakak-kakak yang telah terpilih. Semoga amanah ya… Tetap semangat dan ikhlas dalam berjuang, meski rintangan selalu datang menghadang. Hihi….

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN