SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

THE KNOWLEDGE IS POWER BUT CHARACTER IS MORE

Kamis, 27 Juli 2023 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 435 Kali

Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang biasa disebut juga dengan masa orientasi siswa (MOS) yang merupakan suatu kegiatan umum yang dilaksanakan setiap tahun ajaran baru pada kalangan SMP/SMA/SMK. Hampir seluruh sekolah swasta maupun negeri mengadakan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan almamater sekolah. Tujuan diadakan kegiatan tersebut untuk melatih mental, kedisiplinan, dan adaptasi dengan lingkungan baru.

 

Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMK Muhammadiyah Lumajang diadakan pada tanggal 17-22 Juli 2023. Sebelum dilaksanakan MPLS peserta didik baru SMK Muhammadiyah Lumajang melakukan kegiatan Pra MPLS pada 15 Juli 2023. Tujuannya untuk memberikan informasi apa saja yang harus disiapkan sebelum dilaksanakan MPLS serta memperkenalkan lingkungan sekolah seperti room tour.

 

 

Kegiatan Pra MPLS yang dilaksanakan pada 15 Juli 2023 SMK Muhammadiyah Lumajang menyambut peserta didik baru dengan ramah dan baik. Setelah kegiatan Pra MPLS dibuka panitia yaitu OSIS memperkenalkan diri masing-masing kepada peserta didik baru dan membagi kelompok MPLS untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan pada saat dilaksanakan MPLS. Peserta didik baru juga melaksanakan room tour mengelilingi lingkungan sekolah dengan pandamping kelompok masing-masing untuk memperkenalkan dan menjelaskan masing-masing ruangan kepada peserta didik baru.

 

Setelah kegiatan Pra MPLS selesai dilaksanakan peserta didik baru melaksanakan kegiatan inti MPLS yang dilaksanakan pada tanggal 17-22 Juli 2023. Pada hari pertama MPLS peserta didik baru SMK Muhammadiyah Lumajang mengikuti apel pembukaan MPLS yang dialksanakan secara daring bersama gubernur Jawa Timur. Setelah itu peserta didik baru diberikan materi mengenai "BMW, DU/DI, orientasi kewirausahaan/ melanjutkan perguruan tinggi" dengan BKK dan dilanjutkan materi kedua mengenai "War on drugs" dengan BNN, untuk materi ketiga mengenai "Etika dan tata tertib SMK Muhammadiyah" dengan tim BK. Peserta didik baru melaksanakan kegiatan MPLS di hari pertama dengan antusias dan disiplin.

 

 

Di hari kedua MPLS pada 18 Juli 2023 peserta didik baru melaksanakan kegiatan PBB didampingi oleh TNI Koramil. Tujuan dilaksanakan kegiatan PBB ini untuk melatih mental dan fisik peserta didik baru agar lebih kuat dalam menghadapi suatu masalah. Setelah itu peserta didik baru mengikuti ice breaking agar lebih santai untuk melakukan kegiatan MPLS ini. Peserta didik juga menyaksikan video organisasi SMK Muhammadiyah Lumajang. Di hari kedua MPLS peserta didik juga diberikan materi mengenai "PIK – R “ Pergaulan Remaja dan Kesehatan Reproduksi Remaja “ yang dijelaskan oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang. Pemateri kedua mengenai "P5, prestasi siswa dan guru, Wiyata Mandala" yang dijelaskan oleh Waka kesiswaan.

 

Di hari ketiga pada 20 Juli 2023 peserta didik baru diberikan 4 materi. Pemateri pertama mengenai "Kemuhammadiyahan" yang dijelaskan Bapak Suharyo, Pemateri kedua mengenai "Keamanan Berkendara dan Pergaulan Remaja" dengan Polres Lumajang. Pemateri ketiga  mengenai "Pengenalan Kurikulum SMK" dengan Waka kurikulum, pemateri keempat "Pengenalan Program Keahlian" dengan kaprogli. Di hari ketiga ini peserta didik baru banyak diberi pengetahuan baru peserta didik baru pun melaksanakan Mpls ketiga ini dengan antusias dan disiplin.

Gambar 1. Pemberian materi oleh Polres Lumajang

 

Di hari keempat pada 21 Juli 2023 peserta didik baru diberikan informasi mengenai "Hizbul Wathan" dengan Ramanda Haikal. Informasi mengenai "konsep dasar HW" juga disampaikan oleh Pembina HW SMK Muhammadiyah Lumajang. Setelah itu peserta didik baru dipersilakan untuk beristirahat dan menyiapkan penampilan masing-masing kelompok pada malam inagurasi. Sekitar pukul 19.00 WIB malam pentas seni pun dimulai. Peserta MPLS menyaksikan berbagai penampilan dari ekstrakurikuler dan organisasi yang ada di SMK Muhammadiyah Lumajang. Penampilan pertama adalah alunan musik islami. Penampilan kedua dipersembahkan oleh organisasi jurnalistik. Calistik menampilkan drama dengan berbagai keterampilan bahasa yang dipelajari dalam organisasi tersebut seperti membaca berita, membawakan acara, berpidato, musikalisasi puisi, dan sebagainya. Penampilan selanjutnya dari ekstrakurikuler  HW, tari, musik kolaborasi, drama dari guardian, jujitsu, fashion, dan penampilan musik band.

Gambar 2. Kegiatan HW Siswa Baru SMK MULU 

 

Dihari kelima MPLS  pada tanggal 22 Juli 2023 peserta didik baru melakukan jelajah medan dan Apel penutupan MPLS. Peserta didik baru melaksanakan semua tugas MPLS dengan semangat dan disiplin. Selain itu ada beberapa hadiah yang diberikan oleh panitia kepada beberapa kelompok yang dianggap pantas mendapatkannya. Ada beberapa kategori yang diberikan yaitu kelompok terdisiplin, kelompok terheboh, kelompok terkompak, dan kelompok penampil terbaik. Ada pula reward yang diberikan kepada peserta didik teraktif dalam MPLS dan diberi gelar sebagai Putra MPLS dan Putri MPLS serta ada juga reward untuk video perkenalan tiktok paling kreatif. Setelah kegiatan apel penutupan berakhir ada sesi tukar hadiah antara OSIS/IPM dengan peserta didik yang berlangsung dengan suasana yang sedih. Tak sedikit dari mereka yang meneteskan air mata karena terharu atas apa yang telah mereka capai. Namun, ada momen lucu di mana ada peserta didik yang memberikan perabotan rumah tangga seperti timba, wajan, spatula, garpu, panci kepada kakak OSIS/IPM dan membuat mereka tertawa. Dengan diadakannya kegiatan MPLS ini peserta didik baru mampu mengeksplor lingkungan baru dan beradaptasi dengan teman baru, panitia dan pendamping kelompok yang baik dan ramah membuat peserta didik nyaman untuk melaksanakan kegiatan MPLS ini hingga selesai.

 

Oleh : Thalita Zafirah Rafa Nurudin XII TF2 dan Rahma Nur Annisa XII TLM

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN