SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

WORKSHOP PENGUATAN KARAKTER BERBASIS MINDSET CHANGE SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG 2022

Rabu, 23 November 2022 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 366 Kali

Mengubah pola pikir menjadi yang lebih baik lagi tentunya penting untuk kehidupan sehari-hari apalagi kehidupan selanjutnya seperti masa depan. Kehidupan yang mulai berkembang, teknologi yang semakin maju membutuhkan kreativitas pola pikir yang tinggi. Sudah waktunya kita untuk mengubah mindset menjadi yang lebih baik lagi untuk menyusun langkah masa depan yang indah, yang mulanya menjadi seseorang yang tidak memiliki tujuan menjadi seseorang yang penting dalam kehidupan.

 

SMK Muhammadiyah Lumajang ikut serta dalam mengikuti progam SMK pusat keunggulan (SMK PK) yaitu kegiatan workshop penguatan karakter berbasis mindset change dengan Dr. Marlock, M.M sebagai narasumber dan founder character building for SMK. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 di Gedung Serba Guna Abdi Manaf SMK Muhammadiyah Lumajang.

Kegiatan ini dilaksanakan guna memotivasi peserta didik untuk mengubah mindset agar mempunyai prinsip untuk keluar dari zona nyaman, selalu berpikir positif, berani menghadapi tantangan, dan lebih menyayangi diri sendiri. Kita juga harus memiliki sifat growth mindset. Growth Mindset adalah keyakinan bahwa kecerdasan dan kemampuan seseorang bisa dikembangkan secara tak terbatas lewat proses belajar dan usaha.

 

Kegiatan yang dilaksanakan saat cuaca cerah tersebut dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dihadiri oleh guru dan juga karyawan SMK Muhammadiyah Lumajang. Sesi kedua, dihadiri oleh peserta didik kelas XI bersama wali murid.

Gambar 1. Agenda Workshop Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change Bersama Siswa Kelas XI dan Orang Tua

 

Dalam acara ini Dr. Marlock, M.M memaparkan sebuah materi yang menarik dan memberikan pengarahan tentang kewirausahaan kepada peserta didik yang ingin melanjutkan berwirausaha setelah lulus nanti. Beliau juga menginspirasi para peserta didik untuk terus berusaha meraih cita-cita di masa depan tanpa ada kata berhenti atau menyerah begitu saja. Tidak hanya itu, beliau juga menerangkan tata krama yang baik untuk peserta didik kepada orang tuanya. Beliau juga mengajarkan peserta didik untuk lebih menghormati orang tua karena orang tua merupakan orang yang melahirkan dan merawat kita selama di dunia tanpa ada kata lelah ataupun malas. Jadi kita sebagai seorang anak seharusnya bisa memberikan imbalan kepada mereka dengan cara lebih menghormati, membantunya di saat susah, menemaninya, dan merawat di saat sakit.

 

Para wali murid juga mendapat pesan oleh Dr. Marlock, M.M untuk selalu konsisten menjaga anaknya. Tokoh yang sudah keliling Indonesia untuk mendukung perkembangan SMK tersebut meminta orang tua agar meridhoi anaknya saat akan maju untuk meraih mimpinya seperti melanjutkan kuliah, bekerja, atau pun berwirausaha. Orang tua juga diharapkan bisa selalu memberikan dukungan dan do'a yang baik untuk anaknya.

 

Generasi muda sekarang cenderung mudah mengeluh dalam menghadapi tantangan, selalu berpikir negatif, dan mengurangi produktivitas pada dirinya sendiri. Seharusnya kita membuat sebuah rencana untuk menyusun langkah yang ingin kita lalui terlebih dahulu agar memiliki target di masa depan.  Niat juga penting untuk membuat semangat dan keyakinan pada diri sendiri bawa kita bisa melakukan segalanya dan juga kita bisa menerapkan growth mindset dan juga mengembangkannya. Hal ini disebabkan karena dalam kehidupan kita juga membutuhkan tantangan agar memiliki pengalaman dan bisa menyusun pola pikir untuk menyelesaikan masalah.

Gambar 2. Dr. Marlock, M.M bersama siswi SMK Muhammadiyah Lumajang

 

Nah, karena teknologi yang semakin maju, kita sebagai generasi muda yang kini mulai terpengaruh oleh canggihnya sosmed dan teknologi seharusnya kita bisa memanfaatkan sosmed untuk hal yang berguna seperti: mencari informasi penting, bisnis online, membuat kreasi dengan kreativitas kita masing-masing. Mari, latih mental kita meskipun dengan sedikit keyakinan, mengubah pola pikir/mindset menjadi yang lebih baik lagi, dan juga terus maju untuk meraih mimpi.

 

Oleh: Thalita XI Teknologi Farmasi 1

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya