SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

“ADI WARNA NUSANTARA“ PELEPASAN ANGKATAN KE-9 SMK Muhammadiyah Lumajang

Senin, 29 Mei 2023 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 1047 Kali

Pelepasan merupakan Sebuah momentum yang tak terlupakan untuk bersyukur atas rahmat dan berkat yang Maha Kuasa, sekaligus juga mohon perlindungan kepada Allah SWT, untuk perjuangan selama tiga tahun di jenjang pendidikan.

Gambar 1. Tari Pembukaan Pelepasan 9 SMK Mulu

 

Di SMK Muhammadiyah Lumajang tepatnya pada tanggal 26 Mei 2022, 189 peserta didik angkatan ke 9, yang berhasil menamatkan pendidikan Berdasarkan pengumuman kelulusan yang disampaikan langsung oleh Kepala Sekolah, Drs. Agus Siswantono, M.Psi, bahwa peserta didik dinyatakan lulus  100 %, berdasarkan  data dari tim BKK sekolah bahwa lulusan SMK Muhammadiyah Lumajang tahun 2022-2023, 52% bekerja, 47% melanjutkan, dan  1% berwirausaha dari empat kompetensi keahlian yaitu Multimedia, Asisten Keperawatan, Teknologi Laboratorium Medik dan Farmasi Klinis dan Komunitas.

Banyak hal yang ditekankan dalam kaitannya dengan acara tasyakuran dan pelepasan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Lumajang di antaranya hidup ini penuh perjungan karena itu berjuanglah untuk hidup. Dengan menamatkan pendidikan di lembaga pendidikan ini, bukan berarti perjungan telah selesai. Justru semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin kompleks tantangan yang harus dihadapi. Oleh karenanya, dibutuhkan perjungan untuk mencapai cita-cita, sekolah tidak hanya sekedar mentransfer ilmu kepada peserta didik tetapi juga ada nilai religius yang diperjuangkan. Jadi ilmu diperoleh tetapi hati juga dibina. Sehingga output yang dihasilkan yakni tidak hanya berintelek, tetapi juga beriman dan berperilaku baik.

Gambar 2. Akhi Ukti SMK Mulu dalam Pembukaan Pelepasan 9 

 

Acara pelepasan siswa SMK Muhammadiyah yang ke-9 ini bertemakan “ Adi Warna Nusantara,” konsep dari tema ini adalah mempersatukan segala budaya yang ada di nusantara dengan  harapan tidak ada diskriminasi antar golongan dan bangga dengan kekeyaan budaya yang dimiliki negara Indonesia, serangkaian acara pelepasan tersebut di meriahkan oleh penampilan dari peserta didik SMK Muhammadiyah yang menghipnotis seluruh tamu undangan yang hadir, seperti modelling, penampilan akhy -ukhty, tari serta musik, serta diiringi dengan penampilan Bapak/ibu guru yang ikut juga memeriahkan acara tersebut, tak luput juga penampilan Paduan Suara SMK Muhammdiyah Lumajang yang membuat terenyuh hati dengan hymne yang merdu, sehingga acara pelepasan tersebut menjadi sebuah momentum yang tidak terlupakan.

Acara pelepasan pun tak luput dengan pesan dan kesan dari Kepala sekolah dan juga wali murid serta acara “sungkeman” sebagai wujud terima kasih peserta didik kepada orang tua yang telah berjuang untuk mereka sehingga susana haru menyelimuti malam pelepasan tersebut. Dan kegiatan pun di tutup dengan pemberian hadiah kepada peserta didik yang berprestasi sebagai wujud apresiasi dari sekolah. Sungguh luar biasa kegiatan pelepasan angkatan ke -9 tahun ini dan semoga bisa memberi kesan yang mendalam bagi peserta didik, guru dan juga seluruh tamu undangan.

Gambar 3. Prosesi sungkem siswa kepada orang tua

KOMENTAR

Lutvia Wulandari - Senin, 29 Mei 2023

saya memang bukan siswa pertama di SMK MULU tetapi saya merasakan begitu banyak perubahan dari diri saya yang mengajarkan betapa pentingnya mempunyai attitude nomor satu dari pada ilmu... terimakasih banyak untuk SMK MULU semoga selalu maju dan jaya untuk sekolahku????Angkatan-9

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN