SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

PERINGATAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jum'at, 19 Agustus 2022 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 149 Kali

Dalam rangka memperingati kemerdekaan yang ke-77 Indonesia, SMK Muhammadiyah Lumajang melaksanakan kegiatan upacara bendera. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Kegiatan yang berlangsung khidmat tersebut dimulai pukul 08:00 WIB.

Sebelum memulai upacara para siswa dan guru menyiapkan peralatan upacara yang dibutuhkan. Petugas upacara pun bersiap sebelum kegiatan upacara dimulai. Petugas upacara memiliki semangat untuk melaksanakan upacara. Mereka berlatih sebelum pelaksanaan agar bisa menampilkan yang terbaik di hari yang penuh sejarah ini.

Saat upacara mereka melaksanakan tugasnya dengan baik, seperti mengibarkan bendera merah putih, membaca naskah pembukaan UUD 1945, ajudan, pembaca naskah do'a, pemimpin upacara, dan lain sebagainya. Rasa gugup karena harus tampil disaksikan oleh warga sekolah terkalahkan dengan semangat untuk memberikan yang terbaik. Mereka berusaha melaksanakan tugas sebagai petugas upacara secara totalitas demi terlaksananya kegiatan upacara yang khidmat.

Gambar 1. Pengibaran Sang Saka Merah Putih

 

Panas matahari yang sangat menyengat tak melunturkan semangat siswa-siswi SMK Muhammadiyah Lumajang untuk mengikuti upacara. Bahkan ada salah satu petugas upacara yang hampir pingsan saat melaksanakan upacara, tetapi ia tetap berusaha untuk menyelesaikan tugasnya. Rasa tanggung jawabnya yang sangat besar membuatnya berusaha tangguh agar bisa menyelesaikan tugasnya hingga akhir.

Para siswa dan guru salut atas kerja keras dan tanggung jawab Syahru, siswa kelas X Teknologi Farmasi. Ia merupakan anak bangsa yang tangguh dan patut dicontoh untuk anak bangsa lainnya. Melihat petugas upacara yang hampir pingsan tersebut membuat kita teringat kisah para pahlawan yang tangguh untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tidak bisa membayangkan betapa kejamnya kehidupan pada zaman dahulu yang penuh dengan keterbatasan. Makan tak kenyang, tidur tak pulas, minum pun tak bisa karena kita sedang dijajah oleh bangsa lain. Betapa pengorbanan mereka membuat kita mengenang semua perjuangan yang mereka lakukan demi kemerdekaan Republik Indonesia.

Lagu “Berkibarlah Bendera Negeriku” yang dinyanyikan oleh tim Paduka (Paduan Suara SMK Muhammadiyah Lumajang) juga ikut mewarnai kegiatan upacara tersebut. lagu yang dinyanyikan dengan syahdu membuat suasana upacara menjadi mengharukan, bahkan terlihat beberapa siswa dan guru yang menetaskan air mata. Lagu ini membuat mereka mengenang perjuangan para pahlawan bangsa. Mereka juga merasakan rasa syukur karena negeri ini telah terbebas dari penjajahan bangsa lain.

Sebagai generasi muda yang menjadi harapan bagi masa depan bangsa kita harus bisa menjadi generasi yang tangguh dan percaya diri. Hal ini perlu kita lakukan agar bisa melanjutkan dan memajukan bangsa negara yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan kita. Menjaga dan melestarikan alam, toleransi, gotong royong sesama manusia, saling menghargai dan menghormati antar suku itu merupakan salah satu cara agar bisa memajukan negara. Hal ini senada dengan amanat yang disampaikan oleh Drs. Aminudin sebagai pembina upacara. Saat pelaksanaan upacara, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang tersebut menyampaikan bahwa masa depan bangsa ada di tangan anak bangsa saat ini. Oleh sebab itu, para anak bangsa zaman sekarang harus tangguh dan pantang menyerah seperti para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk tanah air tercinta ini.

Gambar 2. Pemimpin Upacara oleh Ketua PDM Lumajang

 

Perjuangan generasi penerus bangsa sekarang memang tidaklah sama dengan perjuangan para pahlawan pada masa perjuangan kemerdekaan. Jika dahulu mereka berjuang dengan membawa bambu runcing dan senapan, perjuangan generasi sekarang juga tak kalah beratnya. Generasi yang tidak mempunyai attitude, pergaulan bebas, dan tidak bisa menghargai satu sama lain, merusak lingkungan, pencemaran udara, itulah yang harus kita perangi. Oleh karena itu, sebagai generasa harapan bangsa, marilah kita meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Hilangkan rasa malas, jauhi hal-hal yang bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa, dan berikan yang terbaik untuk bumi pertiwi ini. Semangat selalu generasi muda, negeri ini senantiasa menunggumu untuk berkarya.

 

KOMENTAR

Syahru Ramadhan - Sabtu, 20 Agustus 2022

Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih untuk tim pembuat artikel ini yang sudah bekerja keras dalam membuat artikel ini, tetap semangat dan jangan pantang menyerah. Upacara Peringatan HUT RI ke 77 SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG. Saya sendiri merasa berterima kasih kepada tim pembuat artikel karena sudah mencetak satu sejarah bagi saya maupun keluarga besar SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG yang akan dikenang selamanya, mungkin suatu saat nanti artikel ini akan diingat oleh kita semua sebagai salah satu memori kenangan yang bersejarah bagi kita semua. Sekali lagi Terima Kasih untuk tim pembuat artikel dan guru-guru sudah bekerja keras demi kita semua, baik saya akhiri dengan salam penutup Wasalamualaikum Wr. Wb. Terketik - Syahru Ramadhan 20 Agustus 2022

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya