SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

PEKAN PTS SMK MULU APA SAJA KEGIATANNYA?

Selasa, 15 Maret 2022 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 794 Kali

Pada hari Senin, 14 Maret 2022 SMK Muhammadiyah Lumajang mengadakan PTS genap secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. PTS merupakan singkatan dari penilaian tengah semester. Meski  sekarang penyebutannya berbeda namun inti dari progam yang dijalankan tetap sama. PTS bertujuan untuk melakukankan  pengujian terhadap siswa setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada tengah semester 2 ini. Sebelumnya kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online karena adanya pandemi covid 19.

Tujuan diselenggarakan penilaian tengah semester dilakukan untuk mengetahui pencapaian belajar siswa dan tingkat pemahaman pengetahuan siswa selama menerima materi yang sudah diberikan oleh guru meliputi ranah kognitif, efektif, dan psikomotorik. Kegiatan PTS ini juga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa supaya mereka berlomba-lomba untuk belajar dengan dengan rajin dan baik agar bisa bersaing serta mendapatkan nilai terbaik. Dengan adanya penilaian tengah semester ini, siswa-siswi SMK Muhammadiyah Lumajang menjadi tahu tingkat perkembangannya selama di sekolah.

Penilaian tengah semester ini dilaksanakan mulai pukul 07.30 sampai pukul 11.45 WIB. Sebelum memulai ujian tengah semester siswa-siswi melakukan kebiasaannya dalam menunaikan ibadah salat Dhuha terlebih dahulu. Selain itu mereka juga membaca Alquran dan mendengarkan tausiyah di pagi hari.

Siswa SMK Muhammadiyah Lumajang melakukan ujian tengah semester dengan baik dan antusias. Sebelum melaksanakan kegiatan tengah semester ini para guru mata pelajaran memberikan kisi-kisi. Hal ini dilakukan agar para siswa-siswi bisa belajar dengan maksimal.

Pada saat penilaian tengah semester kegiatan ekstrakurikuler diliburkan terlebih dahulu. Sekolah berharap agar siswa-siswi bisa lebih fokus dalam penilaiannya. Tak hanya ekstrakurikuler yang ditiadakan, latihan beberapa kegiatan untuk persiapan milad juga diliburkan.

Untuk mempersiapkan penilaian tengah semester, siswa-siswi juga membutuhkan tips belajar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai persiapan kegiatan PTS.

1. Atur waktu untuk belajar

Dengan menunda-nunda waktu belajar hingga menit terakhir kadang jadi pilihan untuk tidak belajar. Terlebih lagi, ada saja teman yang terlihat sukses menghadapi penilaian tengah semester dengan menerapkan Sistem Kebut Semalam atau disebut juga dengan SKS. Ingat sobat, rebahan santuy saja tidak akan membuat nilai kamu menjadi sempurna.

2. Atur ruang belajar

Atur kamar atau letakkan barang-barang terpakai atau tidak dipakai dengan baik. Hal ini bertujuan agar kamu jauh dari semua gangguan belajar, bisa fokus, dan senyaman mungkin. Jika kamu senang mendengarkan musik sambil belajar, siapkan playlist instrumental atau lagu yang membantu kamu fokus dan menjaga mood. Sesuaikan suasana ruang belajar dengan kenyamanan kamu, bisa sangat rapi, atau sedikit berantakan.

4. Gambar diagram dan alur belajar kamu

Jika kamu punya cukup waktu, buat catatan singkat untuk menguji apakah sudah paham dengan materi yang telah kamu pelajari. Jika belum paham pelajari lagi hal tersebut. namun jika kamu masih belum paham juga, kamu bisa bertanya kepada teman atau guru tentang hal yang belum kamu pahami tersebut.

5. Latihan soal-soal ujian lama

Belajar latihan soal agar kamu bisa lebih mudah dalam memahami soal dalam penilaian tengah semester. Bertanyalah kepada kakak kelas tentang gambaran soal yang keluar dalam penilaian akhir semester. Atau jika kamu ingin lebih konkret, kamu bisa meminjam soal-soal PTS tahun sebelumnya kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan.

6. Kurangi bermain

Di saat penilaian tengah semester harusnya kurangi bermain apalagi bermain game. Luangkan lebih banyak waktu belajar terlebih dahulu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu bisa bermain game kapan saja, tetapi jika hasil ujianmu tidak maksimal, kamu tidak akan bisa memperbaikinya. Atau jika kamu mengulang ujianmu, nilai tertinggimu hanyalah sebatas KKM pada mata pelajaran yang bersangkutan.

7. Tetap semangat

Jika kamu memiliki semangat yang sangat kuat, kamu cenderung akan lebih mudah dalam mengerjakan soal. Jaga semangat belajarmu dengan mengingat cita-cita yang ingin kamu capai. Selain itu, ingatlah orang tua yang telah berusaha keras supaya kamu bisa menggapai apa yang kamu cita-citakan.

Nah, dengan adanya tips belajar saat penilaian tengah semester genap bisa membuat teman-teman lebih mudah untuk belajar dan memahami soal. Ingat juga teman- teman, untuk menjadi orang sukses juga butuh usaha yang harus dilakukan lho, bukan hanya memikirkan usaha yang diinginkan. Jadikan mimpi menjadi nyata dengan usaha yang telah kamu lakukan. Semangat!!!

 

Oleh: Thalita Zafirah Rafa Nurudin (X TF 1)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN