SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

PENGURUS BARU SEMANGAT BARU

Kamis, 10 Maret 2022 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 230 Kali

Selasa, 8 Maret 2022 menjadi hari bersejarah bagi Organisasi Siswa Intra Sekolah/ Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah Lumajang generasi 10. Pasalnya pada tanggal tersebut dilaksanakan upacara pelantikan dan serah terima jabatan pengurus OSIS/IPM SMK Muhammadiyah Lumajang. Pelantikan dan serah terima jabatan ini dilakukan untuk pengurus OSIS/IPM masa jabatan 2021-2022.

 

Kegiatan pagi itu diawali dengan sholat dhuha dan mengaji di aula seperti biasanya. Setelah melaksanakan kegiatan rutin tersebut, seluruh peserta didik SMK Muhammadiyah Lumajang segera menuju ke lapangan untuk mengikuti upacara pelantikan dan serah terima pengurus OSIS/IPM. Setelah tiba di lapangan, peserta didik segera membentuk barisan yang dipandu oleh pembina The Guardian yaitu Bapak Yayang Wahyu Pradana Prihandoko.

 

Upacara pelantikan dan serah terima pengurus OSIS/IPM SMK Muhammadiyah Lumajang dimulai sekitar pukul 07.20 WIB. Upacara dimulai dengan persiapan barisan oleh komandan pleton, diikuti pemimpin upacara yang memasuki lapangan upacara. Setelah mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pembina upacara, barisan pengurus OSIS/IPM SMK Muhammadiyah Lumajang pun memasuki lapangan upacara.

 

 

Gambar 1. Prosesi Pelantikan Pengurus OSIS/IPM SMK Muhammadiyah Lumajang

 

Hentakan kaki pengurus OSIS/IPM yang seirama membuat peserta upacara terpukau. Febriananda Nur Qolbi selaku komandan peleton pengurus OSIS/IPM SMK Muhammadiyah Lumajang mengaku sedikit malu saat harus memimpin barisan memasuki lapangan. Namun, perasaan tersebut berhasil ia kuasai karena peserta upacara yang tertib dan bersemangat. Ia pun mengaku ikut merasakan semangat yang tinggi untuk bisa menampilkan yang terbaik pada kegiatan tersebut. Perasaan semangat itulah yang membuat rasa malunya hilang dan berhasil menjalankan tugas dengan baik.

 

Berbeda dengan Febriananda, Nur Cahyono yang hari itu bertindak sebagai pemimpin upacara mengaku sedikit tegang. Hal itu dikarenakan sebelumnya ia belum pernah menjadi petugas upacara. Ia mengaku takut salah ucap saat harus melapor kepada pembina upacara. Namun, ia bersyukur karena memakai masker saat upacara sehingga mulutnya yang terus bergerak-gerak karena gugup menjadi tidak terlihat. Akhirnya ia berhasil menjadi pemimpin upacara dengan totalitas.

 

Prosesi pelantikan pun berjalan dengan lancar. Prosesi ini diawali dengan penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh ketua OSIS/IPM lama dan baru, Waka Kesiswaan, dan Kepala Sekolah. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan yang dilambangkan dengan pemindahan selempang pengurus OSIS/IPM lama kepada pengurus OSIS/IPM yang baru. Pemindahan selempang dilakukan oleh pembina upacara yaitu Kepala SMK Muhammadiyah Lumajang. Tak lupa, pengurus OSIS/IPM yang baru juga memberikan cinderamata kepada senior yang telah memberikan banyak bimbingan dan contoh yang baik bagi mereka.

 

Ketika upacara akan berakhir, Drs. Agus Siswantono, M.Psi yang kala itu menjadi pembina upacara menyampaikan beberapa amanat. Salah satunya, beliau berpesan agar pengurus OSIS/IPM SMK Muhammadiyah yang baru dapat memberikan kontribusi yang lebih baik untuk sekolah. Beliau pun berharap akan ada kreativitas-kreativitas baru yang muncul dari pengurus OSIS/IPM yang baru. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus OSIS/IPM lama yang telah bekerja keras secara maksimal untuk organisasi dan sekolah. Beliau berdoa agar segala kebaikan yang telah dilakukan oleh pengurus OSIS/IPM lama dapat menjadi pahala serta menjadi pengalaman yang akan mengantarkan mereka kepada kesuksesan dunia dan akhirat.

 

Gambar 2. Pengurus OSIS/IPM SMK Muhammadiyah Lumajang Masa Bhakti 2021-2022

 

Isnaini Ayu Nur Afifah menyampaikan pesan dan kesannya selama menjabat sebagai ketua OSIS/IPM periode 2020-2021. Menurutnya ternyata belajar itu tidak hanya tentang mengikuti materi di kelas, namun belajar itu juga tentang bagaimana kita menggali potensi yang ada dalam diri. OSIS/IPM telah menjadi wadah untuk mengembangkan segala potensi pada dirinya. Ia mengaku bisa belajar mengenai kehidupan juga kepemimpinan dari organisasi bergengsi ini.

 

Reza Aulia Rahadani sebagai ketua OSIS/IPM periode 2021-2022 mengucapkan banyak terima kasih kepada kakak-kakak pengurus OSIS/IPM periode sebelumnya. Ia pun bertekad akan melanjutkan perjuangan kakak-kakak pengurus lama untuk memajukan organisasi dan sekolah. Selain itu, ia pun bertekad untuk memaksimalkan citra OSIS/IPM di sekolah. Menurutnya OSIS adalah organisasi yang sangat berpengaruh di sekolah, baik saat ada kegiatan sekolah maupun kegiatan-kegiatan yang menjadi program kerja OSIS/IPM. Ia pun berkeinginan untuk melebarkan sayap program kerja pada masa jabatannya tak hanya dalam lingkup sekolah, tetapi juga untuk masyarakat umum.

 

Oleh: Laifi

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya