SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

Melatih Percaya Diri Melalui Kegiatan Sosialisasi

Sabtu, 11 Desember 2021 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 3847 Kali

Di dalam masyarakat sosialisasi merupakan hal yang sering didengar dan dilakukan. Kegiatan ini banyak dilakukan dengan berbagai macam tujuan. Pelaksananya pun beragam, mulai dari siswa, mahasiswa, maupun lembaga-lembaga pemerintahan.

Sosialisasi merupakan suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya. Sosialisasi berfungsi sebagai sarana pengenalan, pengakuan, dan penyesuaian diri terhadap nilai-nilai, norma, dan struktur sosial. Dengan hal tersebut, seorang individu bisa menjadi masyarakat yang baik. Masyarakat yang baik adalah warga yang memenuhi harapan umum warga masyarakat lainnya. Selain itu, sosialisasi juga memiliki tujuan agar setiap anggota masyarakat mengetahui nilai-nilai dan norma yang ada pada suatu kelompok masyarakat. Sosialisasi juga memiliki tujuan agar individu dapat mengendalikan fungsi organik melalui proses latihan mawas diri yang tepat.

SMK Muhammadiyah Lumajang juga tidak lepas dari kegiatan untuk bersosialisasi. Siswa-siswi SMP/ MTs negeri dan swasta di Kabupaten Lumajang menjadi target dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh SMK Muhammadiyah Lumajang. Namun, ada yang berbeda dalam kegiatan sosialisasi SMK Muhammadiyah Lumajang tahun ini. Apa itu?

SMK Muhammadiyah Lumajang melaksanakan sosialisasi dengan siswa-siswi sebagai pembicara. Hal inilah yang membuat kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan tahun ini agak berbeda. Jika biasanya guru bertugas sebagai pembicara, kini siswalah yang menjelaskan hal-hal yang perlu disosialisasikan.  Para murid SMK Muhammadiyah sangat antusias ketika akan bersosialisasi ke SMP/MTs di daerah Lumajang.

Kegiatan sosialisasi yang diadakan dimulai hari Senin, 22 November 2021 hingga Sabtu, 4 Desember 202. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan SMK Muhammadiyah kepada murid-murid SMP khususnya yang berada di kelas IX. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar murid-murid SMP memiliki pengetahuan tentang pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi khususnya di SMK Muhammadiyah Lumajang. Siswa-siswi yang bertugas untuk bersosialiasi pun memiliki kesempatan untuk bersilaturahmi dengan adik-adik kelasnya

Laily Fitriani selaku pembina klub broadcasting dan jurnalistik (Calistik) menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini menjadi sarana latihan untuk siswa-siswi yang tergabung dalam klub tersebut. Beliau yakin bahwa keterampilan berbicara bisa dimiliki jika hal tersebut terus diasah. Oleh sebab itu, kegiatan sosialisasi ini menjadi kegiatan yang sangat sesuai bagi anak-anak anggota klub.  Selain dilatih berbicara, kepercayaan diri mereka pun akan terlatih saat melaksanakan sosialisasi.

Selain anggota Calistik yang menjelaskan dan memperkenalkan fasilitas, ekstrakurikuler, pembelajaran, lokasi dan cara pendaftaran di SMK Muhammadiyah Lumajang, terdapat pula demonstrasi dari masing-masing program keahlian. Demonstrasi ini bertujuan agar murid-murid SMP/ MTs dapat lebih memahami ranah kompetensi yang nantinya akan mereka lakukan saat memilih sebuah program keahlian di SMK Muhammadiyah Lumajang. Siswa-siswi yang melakukan demonstrasi juga berlatih untuk mempraktikkan kompetensi yang telah mereka kuasai dengan percaya diri. Selain itu, beberapa informasi penting juga disampaikan dalam sosialiasi ini. Informasi itu misalnya tentang SMK Muhammadiyah Lumajang yang memberikan beasiswa bagi anak tahfidz atau penghafal Alquran. Beasiswa ini berlaku untuk pendaftar pada gelombang inden. Gelombang ini dibuka pada 1 Oktober - 31 Desember 2021.

Siswa-siswi yang bertugas  memperkenalkan SMK Muhammadiyah Lumajang melakukan sosialisasi dengan cara yang seru, asyik, dan menyenangkan. Hal ini membuat anak-anak tidak merasa bosan selama kegiatan sosialisasi. Anak-anak SMP/ MTs juga sangat senang karena diperbolehkan mencoba alat-alat dari jurusan layanan kesehatan, teknologi farmasi, teknik laboratorium medik, serta broadcasting dan perfilman. Dilihat dari awal, pertengahan, hingga akhir acara murid SMP/ MTs yang mengikuti kegiatan sosialisasi dari SMK Muhammadiyah Lumajang sangat antusias dalam mendengarkan materi yang kakak tingkat mereka jelaskan. Selain itu, mereka juga aktif dalam bertanya. Hal ini menandakan bahwa sosialisasi yang disampaikan sangat menarik dan disampaikan juga secara menarik dan percaya diri oleh siswa-siswi SMK Muhammadiyah Lumajang.

Oleh : Irene Calistik X LK 2 dan Thalita Calistik X TF 1

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN