SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan pada Calon Anggota Resmi OSIS Melalui Kegiatan LDK

Kamis, 25 November 2021 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 1241 Kali

OSIS/IPM bukanlah kata yang asing di telinga sebagian besar masyarakat, terutama kita sebagai pelajar sekolah menengah. IPM merupakan organisasi intra sekolah yang terdapat pada sekolah-sekolah Muhammadiyah. Sama seperti OSIS, organisasi ini berisikan anggota yang memiliki tekad untuk mengabdikan dirinya pada sekolah. OSIS/IPM sendiri memiliki masa bakti 1 tahun lamanya. Setelah melewati masa baktinya, organisasi ini akan melakukan regenerasi untuk periode masa bakti selanjutnya.

Sebagai calon pemimpin di sekolah, sebelum melaksanakan tugasnya calon anggota OSIS/IPM harus melakukan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan atau yang biasa disebut dengan LDK. LDK merupakan kegiatan pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada calon anggotanya. Kegiatan ini sudah menjadi syarat wajib bagi calon anggota yang akan masuk sebagai anggota resmi OSIS/IPM.

Sebelum dilakukan pelantikan anggota resmi OSIS/IPM generasi 10 tahun periode 2021/2022, SMK Muhammadiyah Lumajang melakukan kegiatan LDK. Hal ini sedikit berbeda dengan kegiatan LDK pada umumnya. Biasanya kegiatan LDK ini dilaksanakan setelah terpilih anggota OSIS/IPM. Namun, di SMK Muhammadiyah Lumajang kegiatan LDK dilaksanakan terlebih dahulu sebelum menentukan anggota resmi OSIS/IPM. Hal ini dilakukan agar peserta didik yang terpilih menjadi anggota resmi OSIS/IPM, benar-benar kompeten dan berkomitmen untuk berorganisasi.

 

 

Kegiatan LDK ini berlangsung selama 2 hari, tepatnya pada 12 dan 14 November 2021. Hari pertama kegiatan LDK dilaksanakan di sekolah. Kegiatan ini berisi bimbingan materi IPM, yang diisi oleh pembina OSIS/IPM, pengalaman organisasi oleh Ketua OSIS/IPM generasi 7, kedisplinan oleh pembina The Guardian, serta materi tentang surat dan proposal. Selain itu, ada materi tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh motivator nasional, Bapak Suharyo AP.

Hari kedua menjadi hari terakhir sekaligus hari penutupan kegiatan LDK. Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan outbond di luar lingkungan sekolah tepatnya di Wisata Pemandian Tirtosari. Kegiatan ini berlangsung selama 8 jam, mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore. Dalam kegiatan ini calon anggota OSIS/IPM mendapat pembinaan bagaimana cara bertanggung jawab, menumbuhkan rasa kepemimpinan, dan pembinaan PBB dari koramil Kecamatan Candipuro. Permainan serta problem solving juga dilaksanakan di akhir kegiatan. Peserta LDK diminta untuk memasak menggunakan peralatan sederhana dengan durasi yang telah ditentukan oleh panitia.

Di akhir acara, ada kejutan dari junior kepada para senior OSIS/IPM. Mereka meminta bantuan kepada pembina OSIS/IPM serta guru pendamping untuk menegur panitia. Seorang junior pun berpura-pura kehilangan handphone. Pembina OSIS/IPM lalu menegur keteledoran panitia yang tidak mengecek saat pengumpulan handphone. Namun akhirnya, para junior memberikan kejutan kepada senior dengan kado dan kue.

Di balik setiap kejadian dan kejutan yang diberikan, kegiatan LDK bertujuan untuk memberikan pelatihan dasar kepemimpinan kepada anggotanya. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya kegiatan LDK ini calon anggota resmi OSIS/IPM dapat menjadi sosok dengan jiwa kepemimpinan dan solidaritas tinggi.  Anggota OSIS/IPM juga diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan amanah. Akhir kata, selamat kepada para anggota OSIS/IPM generasi 10 yang telah terpilih. Selalu semangat berorganisasi ya. OSIS SMK Muhammadiyah Lumajang, we are leader, we are changer.

 

Oleh : Dini Putri XI K 2

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN