SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

Seru. SMK Muhammadiyah Lumajang Rayakan Peringatan Hari Pahlawan

Selasa, 16 November 2021 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 535 Kali

Merayakan hari pahlawan merupakan bentuk dari semangat para pemuda untuk ikut mengapresiasi semangat juang para pahlawan melawan penjajahan. Memperingati hari bersejarah ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa. Di Indonesia, hal ini rutin diselenggarakan setiap 1 tahun sekali tepat pada tanggal 10 November. Ada berbagai macam cara untuk merayakan hari tersebut. Biasanya perayaan hari pahlawan diwarnai dengan pakaian yang digunakan yaitu pakaian tempo doloe. Tidak hanya itu banyak pameran pameran lukis serta perlombaan yang diselenggarakan di hari pahlawan ini.

Tahun ini SMK Muhammadiyah Lumajang yang merayakan hari pahlawan pada tanggal 11 November. Ada tiga konsep yang diperlombakan yaitu musikalisasi puisi pahlawan, foto mirip pahlawan, dan fashion show dengan tema pahlawan atau tempo doloe. Meski membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk persiapan, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat peserta untuk menampilkan yang terbaik.

Tepat pada 11 November peserta didik wajib memakai pakaian tempo doloe atau kebaya. Lomba fashion show juga ditampilkan pada hari itu di panggung. Penampilan grub musik, teater, tari dan musikalisasi ikut melengkapi acara pada hari itu. Fashion show dibawakan oleh 2 orang dari setiap delegasi kelas. Lenggak lenggok peserta fashion show membangkitkan suasana menjadi sangat berwarna. Para siswa bersorak semangat untuk memberi apresiasi kepada para peserta. Tak kalah juga penampilan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh 3 kelas terbaik. Penentuan 3 peserta terbaik ini didapatkan dengan cara seleksi video musikalisasi yang dikirimkan oleh semua peserta. 3 peserta terbaik kemudian menampilkan kembali musikalisasi puisinya di atas panggung untuk mendapatkan juara 1,2 dan 3. Alunan nada peserta musikalisasipuisi memenuhi ruangan. Lantunan puisi nan indah membuat seluruh siswa siswi tertegun mendengarnya. Lomba ketiga adalah foto mirip pahlawan. Setiap kelas wajib mengirimkan foto yang menyerupai pahlawan zaman dahulu yang sudah dicetak dengan ukuran 10 R. Foto yang dikirimkan para peserta kemudian dipamerkan agar bisa dinilai oleh para juri. Selain itu, peserta juga bisa menyaksikan foto-foto yang sudah dikumpulkan dalam bentuk pameran.

Siswa-siswi SMK Muhammadiyah Lumajang tampak antusias mengikuti perlombaan. Mereka rela pulang terlambat demi pembuatan konsep lomba tersebut. Dengan begitu mereka memiliki rasa tanggung jawab serta gotong royong antarsesama. Perlombaan tersebut dimeriahkan dengan beberapa hadiah menarik yang disiapkan oleh OSIS sebagai panitia acara. Hadiah yang diberikan bertujuan agar peserta didik semakin semangat untuk mengikuti lomba. Hadiah juga diberikan untuk menghargai semangat dan kerja keras para peserta lomba.

Tak hanya itu, moment ini juga sekaligus menjadi acara puncak Roots Day agen perubahan anti perundungan di SMK Muhammadiyah Lumajang. Selain menampilkan peserta lomba, teater, musik, albanjari melengkapi acara dengan tema anti perundungan. Acara ini diselenggarakan jangan sampai ada perundungan di SMK Muhammadiyah Lumajang. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya deklarasi dari agen perubahan yang diikuti oleh seluruh siswa. Mereka berjanji untuk tidak melakukan perundungan terhadap teman, kakak kelas, maupun adik kelas.

Keseruan acara demi acara yang ditampilkan mengingatkan kita sebagai generasi muda. Kita yang tak berjuang langsung dengan menumpahkan darah tentu harus menghargai semangat juang para pahlawan. Para pemuda harus giat belajar, mengasah bakat sesuai kelebihan yang kita punyai untuk mewujudkan harapan pahlawan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya. Sebagai siswa tidak seharusnya mudah mengeluh dengan keadaan apapun. Perjuangan terbesar seorang pahlawan adalah mengorbankan hidup dan matinya untuk bangsa, sedangkan perjuangan seorang pemuda adalah perjuangan meraih mimpi besarnya. Hal yang tak kalah penting, jangan ada lagi penjajahan di negeri ini, karena kemerdekaan bukan hanya untuk negeri tetapi juga untuk pribadi.

 

Oleh : Milda dan Shania XI TLM

Smk Muhammadiyah Lumajang Smkmulu Smk Vokasi Lumajang Haripahlawan Pahwalan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya