SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

Sumpah Pemuda Pemersatu Bangsa

Kamis, 28 Oktober 2021 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 530 Kali

Mengikrarkan sumpah pemuda bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Para pemuda berjuang keras agar cita-cita mulia mereka untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan bahasa ini bisa terwujud. Namun, tahukah kalian sejarah sumpah pemuda?

Sekitar tahun 1915, para pemuda Indonesia mulai bangkit, meski pada saat itu masih dalam kelompok-kelompok suku. Mereka mulai menyadari pentingnya sebuah persatuan. Salah satu pemuda yang mempunyai gagasan untuk menyatukan bangsa adalah Satiman Wirjosandjojo. Beliau adalah tokoh yang menjadi penggerak organisasi Tri Koro Dharmo. Anggota organisasi ini adalah para pelajar dari perguruan dan sekolah-sekolah di pulau Jawa dan Madura. Kemudian para pelajar dari pulau-pulau yang lainnya pun mulai menyadari pentingnya persatuan. Hal ini membuat anggota organisasi Tri Koro Dharmo bertambah. Penambahan tersebut berasal dari pelajar dari pulau Bali dan Lombok. Setelah itu, organisasi ini berubah nama menjadi Jong Java.

Jong Java menginginkan perubahan cara pandang pemuda terhadap kondisi yang ada di Indonesia. Mereka berusaha memberantas buta huruf pada pemuda Indonesia. Mereka berpendapat dengan membaca, bangsa Indonesia bisa bebas melihat dunia. Selain itu,  terdapat organisasi Perhimpunan Indonesia, yang beranggotakan pelajar Indonesia di Belanda.

Setelah Perhimpunan Indonesia pulang ke tanah air, para pemuda semakin bersatu. Mereka memiliki tujuan untuk mengurangi perpecahan di Indonesia. Perpecahan pada masa itu diakibatkan oleh banyaknya perbedaan karena beragam suku bangsa dan agama yang ada di Indonesia. Kemudian, organisasi pemuda di Indonesia pun mulai tumbuh. Di antaranya ada Jong Batak, Jong Minahasa, Jong Celebes, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Islaminten Bon, Pemuda Kaum Betawi, dan Pemuda Pelajar-Pelajar Indonesia. Para pemuda pun ingin bersatu demi Indonesia merdeka. Mereka menginginkan bertemu dalam sebuah musyawarah besar.

Kongres Pemuda II pun dilaksanakan pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928. Para pemuda dari berbagai organisasi daerah berkumpul di Batavia. Mereka  membuat kesepakatan bersama untuk bersatu. Hal inilah yang kemudian membentuk ikrar Sumpah Pemuda. Sebuah sumpah yang kemudian menyatukan segala perbedaan yang ada pada bangsa Indonesia.

 

 

Sumpah pemuda sudah diikrarkan sejak 93 tahun yang lalu. Indonesia pun sudah merdeka selama 76 tahun. Namun apakah sekarang Indonesia sudah benar-benar bersatu? Apakah dengan sumpah pemuda dan proklamasi kemerdekaan sudah tidak ada lagi perbedaan suku, agama, dan bahasa?

Pemuda pendahulu kita telah berjuang untuk mengikrarkan sumpah pemuda dan kemerdekaan Indonesia. Kita sebagai pemuda pun harus ikut berjuang. Berjuang mewujudkan cita-cita mulia para pemuda yang sudah mengorbankan jiwa dan raga untuk persatuan bangsa Indonesia. Semangat para generasi penerus bangsa. Masa depan bangsa yang cemerlang ada di tanganmu.

 

Oleh : Laily Fitriani, S.Pd

Smkmulu Mulu Sumpahpemuda

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya