SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

Hari Pahlawan Itu...

Senin, 07 November 2022 ~ Oleh SMK MULU ~ Dilihat 946 Kali

Oleh: Aisyah X TF 1

 

Hari pahlawan di Indonesia diperingati setiap tanggal 10 November. Hari ini diperingati untuk mengingat peristiwa sejarah yaitu pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945. Peristiwa tersebut diawali insiden perobekan Bendera Merah Putih Biru di atas Hotel Yamato pada 19 September 1945. Kemudian gencatan senjata diperintahkan oleh Presiden Soekarno pada 29 Oktober 1945. Namun pertempuran kembali terjadi pada 30 Oktober 1945.

Sekitar 6000 rakyat Indonesia pun gugur dalam pertempuran di Surabaya itu. Pertempuran menghadapi tentara sekutu tersebut terjadi selama tiga minggu. Saat itu rakyat Surabaya bersama para pejuang bertempur melawan tentara Inggris dengan kekuatan sekitar 15.000.

Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 itu pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres Nomor 316 tahun 1959 pada 16 Desember 1959. Keputusan itu ditetapkan oleh Presiden Soerkarno. Kala itu Soekarno memutuskan juga menetapkan hari nasional bukan hari libur. Salah satunya yakni Hari Pahlawan 10 November.

Menyambut hari pahlawan 10 November 2022 SMK Muhammadiyah Lumajang ikut berpartisipasi loh dengan mengadakan beberapa lomba yang bertema pahlawan. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba fashion show, berbalas pantun, komedi, dan pameran. Lomba-lomba tersebut dilaksanakan untuk memperingati hari pahlawan agar peserta didik bisa menghargai perjuangan  dan mengenang jasa para pahlawan.

Sebelum perlombaan diadakan pasti ada persiapan terlebih dahulu. Beberapa persiapan yang dilakukan adalah dengan memilih siswa yang mampu dan bertanggung jawab untuk dijadikan perwakilan setiap kelas. Setiap kelas juga harus menentukan tema apa yang digunakan untuk perlombaan pameran. Tidak hanya itu untuk persiapan yang dilakukan, panitia yang merupakan anggota OSIS/ IPM, guru yang menjadi pendamping dan menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan, dan anggota jurnalistik juga ikut serta dalam acara ini, yaitu mempunyai pemeran sebagai pemain drama untuk acara penutupan.

Selain itu, SMK Muhammadiyah Lumajang juga mengadakan upacara hari pahlawan. Peserta upacara yaitu seluruh peserta didik kelas X, XI, guru, dan karyawan. Peringatan hari pahlawan ini adalah bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan pahlawan dan pejuang; membangun ingatan kolektif untuk menggerakkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari; memperkokoh nilai kepahlawanan, kesetiakawanan sosial; dan meningkatkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Untuk itu sebagai generasi penerus bangsa jadilah generasi yang baik yang mampu mewujudkan semua impian yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Jangan menyia-nyiakan hal baik, karena hari ini kita sudah menikmati pengorbanan para pahlawan yang telah gugur. Bayangkan seperti apa sakitnya mereka, lelahnya mereka, bahkan nyawapun dipertaruhkan demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, jadikan semua pengorbanan mereka sebagai pedoman hidup, sebagai motivasi diri, dan sebagai pandangan hidup kita. “Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Pesan singkat ini memiliki makna yang mendalam, tanpa pengorbanan dan perjuangan yang gigih tidak ada gagasan yang besar untuk mendirikan dan mempertahankan negara Indonesia, sehingga diharapkan kita dapat mengapresiasi jasa dan pengorbanan pahlawan juga pejuang.

 

SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

SATU JIWA TAKLUKKAN MASA DEPAN

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN