SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

TAHUN AJARAN 2022-2023

Sabtu, 23 Juli 2022 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 369 Kali

Halo guys, apa kabar nih? Pada tetep sehat dan semangat kan? Bagaimana nih liburan menjelang tahun ajaran barunya, seru nggak? Semoga seru dan bermanfaat ya. Ngomong-ngomong nih ya, sekarang kan sudah masuk bulan Juli, yang berarti kita akan masuk sekolah lagi. Tetapi kamu tahu nggak sih, mengapa sekolah kok masuknya bulan Juli, bukan bulan Januari saja?

Eh tunggu dulu, nyatanya pada tahun 1979 tahun ajaran baru dimulai pada bulan Januari lho. Anak-anak pada tahun itu masuk sekolah pada awal Januari, nggak lama setelah tahun baru.

Namun, semua itu berubah saat adanya perombakan sistem pendidikan yang dilakukan oleh menteri pendidikan saat itu, Daoed Joesoef

Melalui UU No. 0211/U/1978, Pak Daoed pada saat itu mengatur kalau tahun ajaran baru yang yang seharusnya dimulai pada Januari harus diundur ke bulan Juli. Akibatnya, tahun ajaran 1978 yang kala itu seharusnya sudah berakhir pada bulan Desember 1978, jadi sempat diundur tuh menjadi sampai bulan Juni 1979. Tahun ajaran 1978–1979 pun menjadi tahun ajaran terpanjang sepanjang sejarah, yakni sampai 1,5 tahun. Anak-anak sekolah saat itu jadi punya waktu panjang deh buat persiapan tahun ajaran baru berikutnya. Nah, kalau orang tua kalian pada tahun itu masih menjadi anak sekolah, coba tanya deh ke mereka.

Lalu mengapa ya kira-kira alasan Pak Daoed sampai membuat awal tahun ajaran baru jadi berubah? Simak nih penjelasannya, melansir laman Ruang Guru pada Rabu (15/9/2021).

  1. Agar Tidak Menyulitkan Rencana Anggaran Pendidikan. Tahun ajaran baru yang dimulai pada bulan Januari dinilai terlalu dekat dengan jadwal tutup buku anggaran yang dilakukan pada akhir tahun. Dengan begitu, jadwal awal tahun ajaran baru harus diubah biar bisa menyesuaikan. Dipilihlah bulan Juli, yang mana merupakan tengah tahun sehingga anggaran biaya pendidikan tetap bisa dilakukan tanpa banyak masalah.
  2. MenyesuaikanTahun Ajaran Luar Negeri. Di luar negeri, tahun ajaran baru selalu dimulai pada tengah tahun, bukan di awal tahun, setelah anak-anak sekolah di sana berlibur di musim panas. Pak Daoed pun kala itu mencoba untuk menyesuaikan tahun ajaran di Indonesia untuk bisa sama dengan di luar negeri. Alasannya sungguh mulia. Pak Daoed ingin anak-anak Indonesia yang melanjutkan pendidikan di luar negeri bisa dimudahkan karena jadwal tahun ajarannya sudah sama.
  3. Desember Musim Hujan. Nah, pertimbangan Pak Daoed untuk mengganti awal tahun ajaran dari Januari ke Juli juga berhubungan dengan musim hujan di Desember, lho. Ketika awal tahun ajaran dimulai pada Januari, maka anak-anak akan liburan di bulan Desember yang bertepatan dengan musim hujan. Hal itu dinilai bisa merusak masa liburan anak-anak. Agar anak-anak bisa menikmati waktu liburnya dengan lebih maksimal, Pak Daoed pun mengubah waktu tahun ajaran baru menjadi bulan Juli.

Bagaimana? udah tahu kan alasan mengapa tahun ajaran baru dimulai pada bulan Juli? Nah untuk itu kita sudah mulai aktif pembelajaran. Nah, apakah kalian sudah mempersiapkan segala perlengkapan? Pastinya sudah dong, karena ini adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu.

Gambar 1. Upacara Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Muhammadiyah Lumajang 2022

 

Jadi guys, selamat datang di SMK Muhammadiyah Lumajang. Semoga kalian betah dan jangan lupa untuk aktif di setiap pembelajaran okay! Juga jangan lupa tetap jaga kesehatan kalian ya.

sampai babai ^^

 

Oleh : Wafiq azizah azzahrah (XI F2)

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

  Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya…

Selengkapnya