SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Jalan Letkol Slamet Wardoyo No. 103

Satu Jiwa Taklukkan Masa Depan

PPDB JALUR INDEN GELOMBANG II SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Rabu, 19 Januari 2022 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 515 Kali

SMK Muhammadiyah Lumajang telah melaksanakan test PPDB jalur inden gelombang kedua loh... Tepatnya pada hari Kamis, 6 Januari 2022. Tes kali ini berjalan lebih maksimal dari tes inden gelombang pertama. Hal itu dilihat dari hasil evaluasi tes inden gelombang pertama yang masih memiliki banyak kendala. Salah satu kendala di gelombang inden pertama yaitu memakan banyak waktu tes di bagian wawancara sehingga selesainya acara tidak seperti yang telah direncanakan. Hal itu dikarenakan kurangnya penguji di bagian tes wawancara. Selain itu,  calon peserta didik yang akan mengikuti tes tidak datang secara bersamaan. Hal ini membuat antrian menjadi panjang dan tidak kondusif. Nah, dari beberapa kendala itu SMK Muhammadiyah Lumajang mengatur ulang rangkaian acara pelaksanaan tes inden gelombang kedua supaya berjalan lebih maksimal dari gelombang pertama. Seperti membuat nomor antrian yang bertujuan agar tidak menimbulkan antrian panjang. Menambah panitia dan penguji di bagian yang sebelumnya mengalami kendala akibat kurangnya panitia dan penguji juga merupakan tindakan yang diambil oleh panitia PPDB SMK Muhammadiyah Lumajang.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik baru yaitu fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy Akta kelahiran, fotocopy rapor kelas VII dan VIII, fotocopy NISN, Foto SMP 3 x 4, dan fotocopy prestasi atau peringkat bila ada. Setelah melewati proses pendaftaran tersebut peserta didik menjalani tes buta warna yang bertujuan agar siswa/siswi tidak memiliki kendala fisik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar sesuai karakteristik kompetensi keahlian yang dipilih. Ya gak lucu dong misalnya anak jurusan Teknologi Laboratorium Medik tidak dapat membedakan warna, karena itu berisiko untuk masa depan karirnya. Tidak hanya berisiko pada diri sendiri, so pasti buta warna akan sangat berisiko kepada orang lain (pasien). Selanjutnya apabila telah mengikuti tes buta warna calon peserta didik diarahkan untuk melakukan tes minat dan bakat. Di tes bagian ini calon peserta didik diberi beberapa pilihan untuk memilih alat-alat  sesuai dengan kompetensi keahlian yang telah dipilih.

 

Gambar 1. Tes buta warna

 

Tes terakhir yang diikuti calon peserta didik adalah wawancara. Pada saat melakukan tes itu calon peserta didik diberi beberapa pertanyaan oleh penguji yang harus dijawab secara mandiri. Pertanyaannya meliputi,  apa alasan memilih SMK Muhammadiyah Lumajang?, mengapa memilih kompetensi keahlian (sesuai yang telah dipilih)?, mengenal SMK Muhammadiyah Lumajang dari mana?, dan masih banyak sebagainya. Di bagian tes wawancara ini calon peserta didik baru juga dijelaskan secara terperinci seperti apa sih SMK Muhammadiyah Lumajang ini. Penjelasan yang dimaksud mulai fasilitas hingga estrakurikuler yang ada di SMK Muhammadiyah Lumajang. Calon peserta didik baru di bagian tes wawancara ini juga diperkenankan untuk bertanya, apa saja yang ingin ditanyakan atau sebut saja unek-unek. Hihi...

 

Gambar 2. Wawancara

 

Tujuan dari wawancara ini sendiri supaya pihak SMK Muhammadiyah Lumajang mendapatkan informasi terperinci dari calon peserta didik baru. Santainya sih supaya lebih akrab dan saling mengenal antara calon peserta didik baru dengan SMK Muhammadiyah. Tak ketinggalan, dengan Ibu Bapak Guru yang cantik dan ganteng tentunya.

Jadi, pelaksanaan tes inden gelombang kedua yang telah selesai dilaksanakan oleh SMK Muhammadiyah  berjalan lebih maksimal dari inden gelombang pertama. Bu Dhara selaku Waka Kesiswaan menyampaikan harapannya dalam wawancara bersama tim jurnalistik dan broadcasting SMK Muhammadiyah Lumajang. Beliau berharap jumlah calon peserta didik baru tahun ajaran 2021/2022 ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya.  

 

Oleh: Rima X TF 1

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Siswantono, M.Psi

  Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya…

Selengkapnya